Monday 8 May 2017

7 tips menjaga kesehatan mata - menghindari pemakaian kaca mata

   Buat temen temen yang masih muda dan belum berkacamata usahakan jaga baik baik mata kalian karena mata adalah panca indra yang tidak kalah pentingnya di kehidupan kita. saat ini banayak pemuda yang sudah menggunakan kacamata di usia muda mereka. bahkan saya punya temen sudah memakai kacamata sejak usia 10 tahun . hal hal yang seperti ini lah yang saya takutkan terjadi kepada pemuda pemuda bangsa ini termasuk saya pribadi.
   memang memakai kacamata bisa meningkatkan gaya , bahkan bisa di bilang ciri khas dari anak kutu buku. tapi apakah kita pernah bertanya kepada pemuda yang berkaca mata bahwa betapa tidak nyaman nya mereka memakai kacamata. jawabannya adalah ya mereka sering mengeluhkan banyak hal bahkan ketika mereka tidak membawa kacamata atau ketinggalan maka mereka sulit untuk melihat sesuatu seperti membaca, berkendara, mengenali seseorang dari jauh dan masih banyak lagi. oleh sebab itu mari kita jaga mata kita yang indah ini supaya kita tidak berkacamata seperti temen temen kita.
1. Membaca buku ketimbang gadget.
    mulailah temen temen menggunakan cara tradisional menuntut ilmu yaitu membaca buku. membaca buku juga dapat meningkatkan kita dalam mencermati apa yang kita baca, buku juga dapat mendidik kita supaya menjadi rajin . di banding gadget selain dapat merusak mata jika di gunakan secara terus menerus, gadget juga bisa membuat kita malas karena kita hanya tinggal mengerik apa yang kita butuhkan. atau bahasa kerennya adalah instan . dengan cara instan ini lah temen temen lambat laun bisa menjadi malas. pakailah teknologi secara bijak adalah solusinya.
 
2. Atur pengcahayaan.
    baik menggunakan buku maupun gatget pencahayaan adalah hal penting karena apa yang di serap oleh mata dengan intensitas cahaya yang berlebih akan mengakibatkan mata menjadi sakit. jika terus terusan bisa mengakibatkan mata menjadi rusak dan anda berkaca mata. contoh saja membaca buku di tempat gelap, bermain gadget di tempat gelap, dan tidak sesuainya resolusi pada tempat sekitar dan masih banyak lagi.
 
 
3. Atur posisi
    posisi temen temen juga berpengaruh dalam pemeliharaan mata . banyak orang tua yang menegur anak nya bahwa harus duduk dalam membaca . itu saran yang sangat tepat dan temen temen bisa menggunakan saran itu. karena mata kita dalam posisi tidur mata akan mudah lelah dan jika keadaan sudah lelah kemudian kita paksakan akan berakibat fatal untuk temen temen yang tidak inging menggunakan kaca mata. memang dalam jangka waktu 1 tahun tidak akan pengaruh besar sedikitpun tapi ini akan berkelangsungan jangka panjang. usahakan membaca dalam posisi duduk baik membaca buku maupun membaca di gadget kita.
 
4. Menonton film dan game.
    memang sudah terbiasa kita mendengar kata ini bahwa bermain game dapat menurunkan ketajaman mata kita .itu dikarenakan kita terlalu fokus melihat sesuatu yang terang. seperti temen temen main game moba seperti dota yang menghabiskan waktu 1 jam di setiap permainannya.
 
5. Makan sayuran.
    setelah 4 di atas harus di kurangi maka yang ini harus di tingkatkan. karena di dalam sayuran banyak mengandung vitamin. terutama pada wortel yang banyak mengandung vitamin A, tapi satu hal yang harus temen temen ketahui bahwa wortel yang baik harus lah di rebus karena di dalam wortel mentah terdapat zat bahaya untuk tubuh manusia. maka dari itu tingkatkan makan sayuran terutama wortel jika mata anda ingin tetap sehat.
 
6. Istirahatkan sejenak mata kita
    disaat pekerjaan kita di depan komputer istirahatkan mata kita setidaknya 1 jam sekali untuk di perlihatkan ke pada pepohonan yang terdapat warna hijau . ini perlu temen temen ketahui bahwa kita perlu istirahat dan mat kita pun harus istirahat supaya tetap dalam ke adaan fit. 
 
7. Piknik ke alam
    ya piknik juga dapat menjaga  mata dari kerusakan. tapi piknik nya jangan ke tempat rekreasi , piknik lah kalian ke alam terbuka seperti air terjun, pegunungan, pantai, dan lain sebagainya. mata kita perlu sekali di istirahatkan karena kesibukan sehari hari kita yang adat dan penggunaan gatdet dan lain.
 
begitulah yang saya dengar dari orang tua dan keluhan temen temen yang sudah menggunakan kaca mata. mereka menggunakan kacamata selalu mengeluhkan mata mereka . tetap jaga kesehatan dan mata kita karena dengan mata di kehidupan kita yang modern ini mata sangat di butuhkan. mata yang sehat terdapat hidup yang penuh warna .

2 comments:

  1. betul mas, tapi saya kayanya sudah terlambat mas...tempalte ini bagus mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh sayang banget mas. tempalte gratis mas hehe
      makasih kunjungannya

      Delete

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html